” Pisang Ambon “

Pisang Ambon termasuk famili Musaceae kulitnya kuning kehijauan. Rasa buahnya manis dan aromanya harum. Panjang buahnya berkisar antara 15-20 cm. Bentuk buah melengkung dengan pangkal meruncing. Daging buah-nya berwarna putih kekuningan. Umum-nya buah pisang ini tidak mengandung biji. Kecuali pisang-nya…

Pisangnya siapa ya ?

Tiba-tiba aku terdiam dan bertanya-tanya pada diri sendiri.

Mengapa ?

Karena menurut-ku SMS dari teman-ku itu kelewat panjang !!!….

Seharusnya SMS kan berisi pesan yg pendek2 yg singkat2 sesuai dg singkatan-nya kependekan-nya eh kepanjangan-nya. SMS = Short Message Service. Kalau pesan-nya panjang seharusnya LMS = Long Message Service, betul kan ?🙂.

Lalu tanpa sadar aku tersenyum-senyum sendiri. Tetapi aku masih merasa penasaran dg mencoba menoleh dan membaca SMS kawan-ku yg rada panjang, ngawur dan sangat iseng ini.

Rupanya dia mengharuskan aku utk menjawab teka-teki iseng-nya yg dia sebut sebagai teka-teki silang.

Begini pertanyaan-nya :

” Apa beda-nya Pisang Ambon dan Pisang-nya Ambon ? Hayo…ada yang tau kah ? ”

Wah…wah..wah aku bingung dan pisang eh pusing tujuh keliling. Tak tau harus menjawab apa.

Teman2 dikantor kutanyai satu persatu. Mereka tidak bisa menjawab hanya senyum2 dan cekikikan terutama bagi para wanitanya baik yg sudah maupun yg belum bersuami. Yang suaminya orang Ambon senyum-senyum. Senyum manis. Senyum Ambon manise.

Kantor-ku hari itu terasa dingin sekali. Sangat dingin, AC-nya tidak bisa dikecilin temperaturnya. Sehingga membuat-ku ingin ke-Toilet utk BAK, buang air kecil alias kencing.

Didalam toilet, aku tidak bisa kencing dan masih penasaran berusaha keras utk mencoba menjawab SMS teman-ku itu. Dengan menulis jawaban yg kurasa singkat dan tepat sbb :

” Tanyakan-lah pada istrinya orang Ambon ”

Namun ketika SMS itu hendak kukirim, tiba2 HP-ku mendadak mati. Low bat ternyata.

SMS tidak bisa terkirim namun mendadak aku bisa BAK dg nyaman sambil senyum2….oh pisang Ambon…manise.

Eh-eh-eh, …ternyata aku salah masuk toilet. Toilet wanita yg aku masukin. Saking buru2nya nahan kencing. Maklum dong…namanya juga kebelet kencing banget2, jadi gak sempat liat2 mana toilet laki2 mana toilet prempuan. Hhhmmm…

Didalam toilet kebetulan ada cewek bulek, dia ngomel2 tapi sambil senyum2 friendly. Dia bilang gini :

” This is for ladies….you know ?…”

Saking bingung dan merasa bersalah aku jawab asal2an sambil nunjuk punya-ku, anu-ku. Aku bilang gini ke dia :

” This is for ladies too….”

Memang betul, pisang Ambon memang manis. Pisang Ambon manise. Coabain deh🙂

Leave a Reply

