” Pikiran Orang Jepang “

Jepang, Teknologi kontrol pikiran bukanlah mimpi. Teknologi baru dari Jepang bisa membuat kita mengendalikan peralatan elektronik hanya dengan pikiran saja.

Adalah BMI kependekan dari ” Brain-Machine Interface “, alat yang dikembangkan oleh perusahaan elektronik Hitachi. Alat ini mampu menganalisis perubahan aliran darah diotak dan menerjemahkan pergerakan otak menjadi sinyal elektrik untuk menggerakkan benda.

Sejenis topi dipakai seseorang yang terhubung dengan serat optik pada alat tersebut menuju sebuah mainan kereta api ketika didemonstrasikan di-Hitachi’s Advanced Research Laboratory di- Hatoyama, dekat Tokyo, Jepang.

“Ambil nafas dalam-dalam dan rileks saja,”

kata Kei utsugi, peneliti Hitachi pada orang itu seperti dikutip detikINET dari foxnews, Jumat (22/6/2007).

Kereta mainan itu kemudian berjalan. Hal ini disebabkan ada bagian otak tertentu yang beraktivitas dan menggerakkan kereta itu. Setelah bernafas panjang beberapa kali, kereta itu kemudian terhenti. Dibalik alat Hitachi ini terdapat teknologi yang disebut sebagai optical topography yang mengirimkan sejumlah sinar infra merah melalui permukaan otak untuk memetakan perubahan aliran darah.

Dengan teknologi ini, ilmuwan Hitachi berencana mengembangkan remote kontrol otak untuk TV yang memungkinkan pengguna mematikan atau mengganti saluran hanya dengan berpikir. Di-lain pihak, perusahaan mobil terkemuka Honda juga tertarik untuk menerapkan teknologi semacam ini dalam mobil produksinya pada masa mendatang.

Teknologi seperti ini suatu hari nanti mungkin juga bisa menggantikan remote kontrol, keyboard, dan mungkin bisa menolong orang cacat mengoperasikan kursi roda elektrik atau tempat tidurnya. Namun ada beberapa hambatan dalam teknologi ini. Beberapa diantaranya adalah ukuran alat dan akurasi sinyal yang dikirimkan keotak.

Hideaki Koizumi, pemimpin proyek ini mengatakan bahwa teknologi seperti ini menghibur dan bisa dengan mudah diterapkan pada mainan.

” Sangat menyenangkan untuk menggerakkan sebuah mainan kereta hanya dengan berpikir saja,” tambahnya.(dwn/dwn)

Komentar terkini:..

Cepot, kirain telekinetis, gak taunya cuma kontrol alat pake otak aja toh. :p

why_snu, Perkembangan IT dewasa ini semakin memanjakan manusia sehingga semua yang tadinya dirasa hal yang mustahil sekarang bisa terwujud. Namun demikian perkembangan tek-nologi yang tidak diiringi dengan moral yang baik dari user, dapat mengakibatkan bencana ke-manusiaan yang dahsyat. Albert Einsten telah membuktikannya. Bagaimana menurut Anda?

camagenta, Hebat! Jadi tambah males aja ntar manusia. Apa-apa bisa dilakukan tanpa susah payah😀

rg, wah mantap tuh kayak xmen aja

Leon, gile keren banget.. mungkin nanti bisa buka pintu pake pikiran juga ya..

Willy, asal bukan pikiran kotor aja kali yeee…kalo pikiran gue kotor gue punya bisa ber-gerak2 sendiri loh.

DodoL : Emang Gue Pikirin ?….Elo aja orang2 Jepang yg mikirin, nanti gue tinggal nyontek aja. Otak gue kan mahal. Jarang dipakai utk berpikir. Kalau kepala gue pusing, gue kasih balsem dengkul gue. Eh…. aneh bin ajaib tau2 pusing gue sembuh he-heh…Orang Jepang belum tentu bisa loh.

4 responses to “” Pikiran Orang Jepang “

  1. Wedew, canggih bener…. mau dong tinggal berpikir dah nyampe ke kantor, irit transport gitu, hehehe….

  2. hanjrit otak gue puSssiiing alias buntUuu….. mikirin tugas makalah soal pariwisata jepang HANJRIT.terima kasih krn udah menerima curahan frustasi kami

  3. ojo podho gumunan, nanti dibilangin KATROK ….

  4. HANJRIIIiiiiiiii …………….TTTttt!!!!!
    pelajaran jepang makin suuuuuuusaaaaaaaaa…….hhh banget.bikin kepala pusing otak gue mau pecah
    iya otak gue udah pecah nih mikirin kanji.
    tepung kanji dpikirin salah sendiri.pokoknya jepang hanjrit.orang jepang ribet…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s