“ Sorga-Swargaloka ”

Suatu hari temen gue terbengong-bengong sendirian aja. Temen2-nya gak ada yg diajak ikutan bengong. Dia memang rada egois.

Saat itu dia terlihat sedang berpikir keras banget dan juga sedang merasa tersungging berat. Perasaan mangkel, jengkel, marah gondok ngambek dan keki campur aduk jadi satu dll. Jadi runyam. Neraka jahanam.

Dia gak sadar sedang terlena berjoget dan menari dg gaya yg urakan menuruti irama lagu yg diaransemen oleh sang Iblis.

Tampangnya yg kurang dan jauh dari ganteng jadi tambah jelek apalagi dia pake mrengut segala, cemberut, kecut dan kusut. Kentut lagi. Bah !. Baunya ?. Hhhmmm….

Bayangin aja mosok ada orang yg bilang bahwa semua orang bisa masuk sorga asal dia itu anu….bla-bla-bla.

Tapi yg penting, katanya loh, dia itu bukan orang Indonesia.. gak peduli apa agama ato kepercayaan-nya. Wah-wah-wah………

“ Idih….gile bener tuh orang ! yg bilang gitu “. Kata temen gue.

Jadi, masih katanya orang. Orang Indonesia gak mungkin bisa masuk sorga. Never !.

“ Uh…enak aja !!! , Gue gak percaya “ Kata temen gue sembari mengepalkan kedua telapak tangan-nya seperti petinju maut lulusan IPDN sembari teriak2 keras banget.

Tentu aja temen gue gak bisa trima dong !. Dia kesurupan, kemasukan !. Rasa nasionalisme dan patriotisme-nya tersinggung. Tersinggung berat, banget 2x !!!

Mukanya tiba2 berubah jadi merah, marah besar. Nafasnya naik turun gak teratur. Matanya melotot hampir copot. Idungnya kembang kempes. Dianya marah2 nyumpah2. Garang dan macho banget !.

Maksud hati-nya sih pingin ngedamprat, pingin nonjok tapi..tapi. Tapi kan, menurut dia loh, dia tuh udah makrifat. Udah tobat.

Jadi, akhirnya dia cuman bisa ngelus dada. Dadanya dia sendiri yg di-elus2. Sembari menghibur diri. Sabar3x. Nyebut…but-but-but.

Padahal, tau gak loh, dia tuh kepingin banget bisa masuk sorga
(me too). Eh….cobaan-nya ada2x ajah. Mulain dari yg kuecil2 sampe yg gode2 dan berat2 kayak yg barusan tadi dia sebutin diatas itu loh salah satunya.

Tapi…daripada mikir2 terus and bengong2 gak karuan, dia coba cari tau apa itu sorga, yg dulu waktu dia masih kecil, katanya, letak sorga itu ada ditelapak kaki ibu2. Termasuk ibu-nya dia. Ibu kandung loh bukan ibu tiri.

Hal ini tentu saja membuat ibu-nya temen gue ter-heran2. Tapi setelah paham, ibunya senyum2 sendiri sewaktu sandal jepit-nya, dicopotin pelan2 ama temen gue. Dari mulai yg kanan lalu yg kiri, pas beliao lagi asyik duduk2 baca koran pagi2 sebelum temen gue brangkat ke-sekolah.

“ Nah….mangkanya kalo kamu mau liat dan mampir ke-sorga, kamu harus menghormati ibu-mu yah….”

gitu kata ibunya sembari meng-elus2 kepala sang anak, yg barusan aja berhasil dg sukses mengintip Sorga sejenak.

Tapi itu dulu loh….puluhan taun yg lewat.

Nah bicara soal SORGA, menurut wikipedia, Sorga atau surga atau bahkan syurga (Sansekerta: svarga atau swarga) merupakan tempat yang diyakini oleh beberapa penganut agama dan / atau aliran kepercayaan sebagai tempat tujuan setelah kematian dimana terdapat kebahagiaan dan kedamaian abadi.

Menurut orang Kristen sorga itu adalah suatu “tempat” dan keadaan bahagia yang sempurna bersama Allah dalam hidup yang abadi.

“Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul didalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” (1 Korintus 2:9)

Orang Islam bilang-nya begini ttg Sorga :

” Naif sekali kalau kita mendambakan sorga, namun kita tidak memiliki gambaran sedikit-pun tentang sorga “.

Padahal sorga telah diterangkan Allah Ta’ala dalam Al-Qur’an dan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dalam sunnah-nya dengan transparan dan ia termasuk masalah akidah yang harus diyakini oleh setiap orang Mukmin.

” Bagaimana mungkin orang tertarik dan rindu pada sorga, kalau ia tidak tahu apa sesungguhnya yang ia rindukan ?”,

Sungguh kenikmatan-kenikmatan sorga yang tidak sedikit pun terlintas dalam benak manusia dan tiada tara bandingnya, tidak dapat dicicipi sekalipun dengan amalan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam.

Bagaimana bisa dibayangkan, rumah penghuni sorga yang dibangun Allah dengan Tangan-Nya sendiri berbentuk istana. Yang :

* materi batu-batanya emas dan perak,
* atapnya Arasy Ar-Rahman;
* buah-buahan-nya lebih manis dari madu;
* bunga-bunga-nya berwarna-warni tumbuh dan berkembang tak pernah layu.
* sungai-sungainya mengalirkan susu, madu dan arak yang tidak memabuk-kan;
* kebagusan wajah penghuninya seperti rembulan.
* kendaraan-nya kuda dan unta bersayap yang terbang mengantarkan kemana pun mereka suka;
* istri-istri mereka bidadari yang disucikan dan cantik jelita; dan segala kenikmatan dari segala-gala kenikmatan yang tidak terbayangkan.

Apalagi bila Allah menyingkap tirai-Nya, dan terlihat-lah Wajah-Nya Yang Agung sebagai nikmat nomor satu yang mengatasi segala nikmat di-sorga.

Itulah secuil, sa’ndulit, sekelumit gambaran tentang sorga. Asyiik ya.

Elo pingin masuk sorga-kah ? Bagus….gue juga .. Nah Beginilah caranya

Menurut orang Kristen : Dengan bertekun untuk tumbuh dalam rahmat sebanyak mungkin sebelum kamu meninggal.

” Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu .” (Yohanes 6:27)

” Kita harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, dimana tidak ada seorangpun yang dapat bekerja .” (Yohanes 9:4)

Dan Raja itu akan berkata kepada mereka yang disebelah kanan-Nya: Mari, hai kamu yang diberkati oleh Bapa-Ku, terimalah kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan. (Matius 25:34)

Menurut Isalam : Wahai manusia !

Sebarkanlah salam,
Hubungkanlah tali silaturrhahmi,
Berilah makan pada orang miskin dan
Dirikanlah shalat malam (tahajud) disaat manusia tertidur lelap;
niscaya kalian akan masuk surga dengan damai” (HR. Al-Tirmidzi; dan dishahihkan olehnya).

Fasilitas dan kenikmatan apa aja yang ada di Sorga ?

Kita bisa bertemu muka, melihat Allah sebagaimana Dia adanya dan memiliki-Nya dalam kasih untuk selama-lamanya.

Karena sekarang kita melihat dalam cermin suatu gambaran yang samar-samar, tetapi nanti kita akan melihat muka dengan muka. Sekarang aku hanya mengenal dengan tidak sempurna, tetapi nanti aku akan mengenal dengan sempurna, seperti aku sendiri dikenal. (1 Korintus 13:12)

Dalam Al Qur’an banyak sekali ayat-ayat yang menggambarkan kenikmatan-kenikmatan Surga. Diantaranya Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

“(Apakah) perumpamaan (penghuni) Surga yang dijanjikan kepada orang-orang bertakwa yang di-dalam-nya ada sungai-sungai dari air yang tidak berubah rasa dan bau-nya,

sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamr (arak) yang lezat rasanya bagi peminum-nya, dan

sungai-sungai dari madu yang disaring dan mereka memperoleh didalam-nya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka sama dengan orang yang kekal dalam neraka dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong-motong usus-nya?” (QS. Muhammad : 15)

“Dan orang-orang yang paling dahulu beriman, merekalah yang paling dulu (masuk Surga).

Mereka itulah orang yang didekatkan (kepada Allah). Berada dalam Surga kenikmatan. Segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu dan segolongan kecil dari orang-orang yang kemudian.

Mereka berada diatas dipan yang bertahtakan emas dan permata seraya ber-telekan diatasnya berhadap-hadapan.

Mereka dikelilingi oleh anak-anak muda yang tetap muda dengan membawa gelas, cerek, dan sloki (piala) berisi minuman yang diambil dari air yang mengalir,

mereka tidak pening karenanya dan tidak pula mabuk dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih dan daging burung dari apa yang mereka inginkan.” (QS. Al Waqiah : 10-21)

Disamping mendapatkan kenikmatan-kenikmatan tersebut, orang-orang yang beriman kepada Allah Tabaraka wa Ta’ala kelak akan mendapatkan pendamping (istri) dari bidadari-bidadari Surga nan rupawan yang banyak dikisahkan dalam ayat-ayat Al Qur’an yang mulia, diantaranya :

“Dan (di-dalam Surga itu) ada bidadari-bidadari yang bermata jeli laksana mutiara yang tersimpan baik.” (QS. Al Waqiah : 22-23)

“Dan didalam Surga-Surga itu ada bidadari-bidadari yang sopan, menunduk-kan pandangan-nya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni Surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin.” (QS. Ar Rahman : 56)

“Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan.” (QS. Ar Rahman : 58)

“Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan penuh cinta lagi sebaya umurnya.” (QS. Al Waqiah : 35-37)

Jadi orang Indonesia bisa juga masuk sorga kah ?

Bisa dong !

(Tak selamanya mendung itu kelabu, nyatanya tiba2 wajah temen gue yg tadinya kusut, memble, mrengut, berubah jadi cerah banget, sumringah…senyum2 dikulum. Yang tadinya jelek dari sono-nya, aneh bin ajaib, tiba2 bisa berubah jadi cakep, ngganteng, manis kayak temen-nya dia. He-he-he. GR ya elo-nya)

Tapi….tapi….Gimana caranya ? Bisa nyogok gak ? (dasar orang Indo, kebiasaan dunia mau dibawa-bawa kesana)

Baca ulang sekali lagi artikel ini deh. Sering2 ikut kebaktian, baca doa dan puji2an. Baca Quran sering2, bayar zakat, sholat, tahajud, dzikir , tafakur, meditasi….terus…..terus2an sampe mati. Berbuat baiklah kepada siapa saja tanpa pandang bulu….

Gak percaya kan ?

EGP.

See you all there…
Salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s