” Khotbah Jum’aT “

Sumber PosKota hari-ini. Barusan aja beberapa saat berada di-bawah gundukan tanah di-Rum-MasDep Tanah-Kusir-Bintaro, Malaikat cantik nanyai-in seorang sopir Metro Mini yg barusan aja mati tabrakan. Gara-gara ngebut ugal-ugalan di-jalanan.

” Apa kerja-an elo selama di-dunia ini ? ” 

Padahal sebetul-nya malaikat udah tau, cuman dia pura2 aja. For-malitas. Ini masalah teknis birokrasi di-alam sono. Barangkali.

” Zopir Metro Mini bah… ”

kata-nya sambil senyam-senyum. Padahal sih ketakutan juga tuh dia-nya.

Lalu Malaikat menyuruh sang sopir masuk ruangan yang sangat bersih, indah banget dan sangat dingin pula. Full AC. Full Music. Full press body. Full of Joy.

Giliran berikut-nya adalah seorang Al-Ustad dg sorban-nya yg gode banget. Kalo dia naek motor ga perlu pake helm lagi deh kayak-nya.

Malaikat bertanya ramah tamah :

”Apa kerja-mu selama di-dunia ? ”

Pura2 ga tau. Padahal tau.

“Saya seorang Ustadz… ”

sambil ngelus-elus jenggot-nya kambing. Jenggot-nya dia kayak jenggot kambing maksud-nya. Bukan jenggot kambing-nya dia yg di-elus2. Paham ? Tau ?. Good !. Pinter !

Lalu masih dg sangat sopan-santun Malaikat mempersilahkan-nya masuk ke-ruangan yang kotor banget, jelek abis dan lusuh sekaligus fuanas buanget. No AC. No money – No Honey. No woman – No cry.

Kontan Ustad protes keras kepada Malaikat :

” Lho emang-nye kenafe kat ? Ane-kan Ustad ?” .

Sambil nggebrak2 meja.Sambil plintar-plintir tasbeh-nya. Sedikit mendelik, melotot lantas berdiri duduk berdiri lagi terus tolak pinggang segala. Mulut-nya komat-kamit baca doa sapu-jagat. Kali. Gile bener !.

Dengan tenang-nya tapi rada2 judes Malaikat menjawab :

” Begini Tad, pada saat Ustad memberi ceramah Jumatan, Ustad biasa membuat jemaah jadi ter-tidur and ngorok  keras banget. Sehingga mereka melupakan Tuhan….tau gak  sih elo? Sadar ga sih ? ”

” Lantas kenafe….dong? Emang-nye Gue Fikirin ? ”

kata pak Ustad.

Kata malaikat :

” Elo tau ga ? kalo sopir Metro Mini lagi nyetir, dia udah biasa membuat semua jemaah eh.. pe-numpang ga bisa tidur. Semua-penumpang berdoa pada Tuhan : “ Mudah2an ga tabrakan…..”  

Eh…tau2-tiba2 13 menit kemudian kedengeran suara gabruk2, glodak2. Metro Mini nabrak pager, nabrak Ustad. Mati semua. Mangka-nya sering2 berdoa sebelum berbuat sesuatu, kata emak gue. Dia lagi dia lagi. Bosen ah!.

Kalo gitu mulai mbesok gue mau jadi sopir Metro-Mini aja deh-dong. Senyum dong-deh!. Banyak cemberut banyak sakit perut. Ga bisa kentut bisa semaput. Tapi masih bisa jadi sopir Metro-Mini kok. Elo mau ?.

Have a nice weekend. Salamayalykum.Ciao ! @biz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s