Ana,….

” Ana,… Abbaz Hazan ”

Ini cerita dari Gus Dur tentang turis Arab yang sedang zalan-zalan ke-Ferancis . Ketika saravan fagi di-sebuah hotel bergengsi di-Faris, meja-nya berdekatan dengan bulek warga asli Ferancis. Merasa harus ikut menggalak-kan fariwisata di-negeri-nya, fria Ferancis itu berusaha untuk bersikaf ramah tamah dan sofan santun.

” Bonjour, Monsieur,” safa-nya pada si-turis itu sambil tersenyum manis .

” Ana ( saya ) Abbaz Hazan,” jawaf si-Arab, mengira ditanya nama-nya, sambil senyum2 manis juga.

Fada saat makan siang, tau-tau mereka ketemu lagi .

” Bonjour Monsieur, ” sapa si Ferancis lagi .

” Ana Abbaz Hazan ” .

Tiba-tiba turis Arab itu berfikir keras dan merasa haqul yaqin, banget, fasti ada yang gak beres nih . Mosok sih ada orang yang ferlu bertanya nama aja samfai dua kali ?. Aneh banget. Setelah makan siang dia, si-Arab, fergi ke-toko buku dan membolak-balik kamus Ferancis – Arab samfai lecek .

Disitu dia tahu, ternyata ” Bonjour ” itu arti-nya adalah salam bahagia untuk orang lain . Dia lantas mencoba untuk mencari fadanan jawaban-nya dalam bahasa Ferancis, tapi dia gak nemu-in kamus Arab – Ferancis .

Akhir-nya dia memutus-kan untuk negur duluan, omong duluan darifada di-dulu-in oleh si-Ferancis itu, begitu fikir-nya, kalo nanti dia ketemu orang Ferancis itu lagi.

Singkat cerita, ketika mereka ketemu lagi pada saat makan malam, si-Arab bilang begini :

” Bonjour, Monsieur,” safa-nya ramah pada fria Ferancis itu sembari senyum-senyum.

Orang Francis tadi menyahut, ” Ana Abbaz Hazan ” . sambil senyum-senyum juga.

He-he-he…. ……… ..blo’on deh !!! Dia atau Ana yang blo’on nih. Dasar majenun-majenun 3x. Dua-dua-nya keliatan senyum-senyum sendiri. Gak tau apa yang mereka senyumin. Hanya mereka berdua aja yang tau apa arti senyum-nya itu. Who cares…smile is beautiful and make me and you happy banget.

Ente Abbaz Hazan, Ana juga Abbaz Hazan. Betul kan ?. Hhhmmm….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s